Teknik pengambilan keputusan, analisis keputusan, dan diagram pohon keputusan


KPK Kel.8
oleh Sema Karunia
 
 
 
Tahap pengambilan keputusan

         Tahap Penelusuran (intelligence) Tahap  ini  pengambil  keputusan  mempelajari  kenyataan yang  terjadi,  sehingga  kita bisa mengidentifikasi masalah yang terjadi biasanya dilakukan analisis dari sistem ke subsistem pembentuknya sehingga didapatkan keluaran berupa dokumen pernyataan masalah.

         Tahap Desain. Dalam  tahap  ini  pengambil  keputusan  menemukan,  mengambangkan  dan menganalisis semua pemecahan yang mungkin yaitu melalui pembuatan model yang bisa mewakili kondisi nyata masalah.

         Tahap Choice. Dalam tahap ini pengambil keputusan memilih salah satu alternatif pemecahan yang dibuat  pada  tahap  desain yang dipandang  sebagai  aksi  yang  paling  tepat  untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

         Tahap Implementasi. Pengambil keputusan menjalankan rangkaian  aksi pemecahan  yang dipilih di tahap choice.  Implementasi  yang  sukses  ditandai  dengan  terjawabnya masalah  yang dihadapi,  sementara  kegagalan  ditandai  masih  adanya  masalah yang  sedang  dicoba untuk diatasi.
 
Analisis Keputusan

         Mengambil atau menetapkan keputusan adalah suatu proses yang dilaksanakan berdasarkan pengetahuan dan informasi yang ada dengan harapan sesuatu akan terjadi.

         Ada tiga aspek yang berperan dalam analisa keputusan yaitu kecerdasan, persepsi dan falsafah.
 
Analytical Hierarchy Process (AHP)

         Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dikembangkan oleh Thomas L. Saaty merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam sistem pengambilan keputusan dengan memperhatikan faktor-faktor persepsi, preferensi, pengalaman dan intuisi.

         Terdapat tiga prinsip dalam menyelesaikan persoalan dengan analisis logis eksplisit(jelas), yaitu penyusunan hierarki, penetapan prioritas, dan konsistensi logis.

1.       Penyusunan Hierarki

Penyusunan hierarki dilakukan dengan cara mengidentifikasi pengetahuan atau informasi yang sedang diamati.

2.       Penentuan Prioritas

Untuk setiap tingkat hierarki, perlu dilakukan perbandingan untuk menentukan prioritas.

3.       Konsistensi Logis

Semua elemen dikelompokkan secara logis dan diperingkatkan secara konsisten sesuai dengan suatu kriteria yang logis.

Diagram Pohon Keputusan

         Pohon Keputusan merupakan representasi sederhana dari teknik klasifikasi yang merupakan  proses pembelajaran  suatu  fungsi  tujuan  yang memetakan tiap  himpunan  atribut  ke satu dari  kelas yang didefenisikan sebelumnya.

         Pohon keputusan dapat diartikan sebagai sebuah alat untuk membuat ide yang secara umum dapat mengacu kepada graf atau sebuah model dari keputusan-keputusan dan akibat-akibat yang dapat muncul dari keputusan keputusan tersebut, termasuk peluang terjadinya suatu kejadian, biaya yang dibutuhkan dan utilitas (kepuasan relatif yng dicapai)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Pramuka Di Era Modern

FUNGSI, PERAN, DAN MENGIDENTIFIKASI PERAN KEPEMIMPINAN DARI BERBAGAI DIMENSI

REVIEW FILM “DANCING IN THE RAIN”