Kepemimpinan dan pengambilan keputusan dalam perspektif Islam


KPK Kel.10
Oleh Sema Karunia



kepemimpinan Islami

Kepemimpinan adalah sebuah keharusan agar kehidupan sebuah organisasi lebih terarah. Kepemimpinan yang islami yang berdasarkan moral punya harapan untuk dapat mengarahkan seorang pemimpin. Pemimpin harus memiliki karakter yang bermoral melalui peningkatan keyakinan kepada Tuhan sehingga melahirkan empat kekuatan spiritual yang berupa iman, islam, taqwa, dan ihsan. Keempat karakter tersebut dapat diukur dengan lima parameter kunci berupa perilaku islami yang menyangkut keadilan, amanah, kebajikan, berusaha meningkatkan diri dan menepati janji (Beekun, 1999)
 
Pengambilan keputusan dalam Islam

Dalam islam dapat dikatakan bahwa pengambilan keputusan adalah suatu proses pilihan yang diambil oleh seseorang pemimpin dari berbagai alternatif untuk memecahkan permasalahan yang berdasarkan nilai-nilai islami yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.
 
Proses pengambilan keputusan dalam Islam
Menurut Hadari Nawawi, “Kepemimpinan Menurut Islam” :

1.       Menghimpun dan melakukan pencatatan data serta pengembangan data, yang jika perlu dilakukan melalui kegiatan penelitian, sesuai dengan bidang yang akan ditetapkan keputusannya.

2.       Menghimpun firman-firman Allah SWT dan hadist Rasulullah SAW sebagai acuan utama, sesuai dengan bidang yang akan ditetapkan keputusannya.

3.       Melakukan analisis data dengan merujuk pada firman-firman Allah SWT dan hadist Rasulullah SAW, untuk memisahkan dan memilih mana yang relevan dan tidak relevan untuk dirangkai menjadi kebulatan.

4.       Memantapkan keputusan yang ditetapkan, setelah meyakini dan tidak bertentangan dengan kehendak Allah SWT berdasarkan firman-firman-Nya dan Hadist Rasulullah SAW.

5.       Melaksanakan keputusan secara operasional dalam bentuk kegiatan-kegiatan konkrit oleh para pelaksana.

6.       Menghimpun data operasional sebagai data baru, baik yang mendukung ataupun yang menolak keputusan yang telah ditetapkan. Data tersebut dapat digunakan sebagai feedback apabila ternyata terdapat kekeliruan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Pramuka Di Era Modern

FUNGSI, PERAN, DAN MENGIDENTIFIKASI PERAN KEPEMIMPINAN DARI BERBAGAI DIMENSI

REVIEW FILM “DANCING IN THE RAIN”