Artikel Toga


TOGA
         
          Toga ?  kalian pasti bertanya-tanya mengenai apa itu toga. Apasih toga? Apa aja kegiatannya ? apa manfaatnya ? Toga sendiri merupakan salah satu ekstra kurikuler yang berada di SMA Negeri 7 Semarang. Ekstra ini berhubungan erat dengan lingkungan sekitar. Memang keberadaannya tidak begitu menonjol dikalangan murid. Peminatnya pun sedikit. Karena toga sendiri baru saja mulai berkembang, sebenarnya sudah ada sejak dulu namun kalah pamor dengan ekstra – ekstra yang lain.


          Pada tahun ini toga berencana akan membuat bet. Tapi, ada beberapa kendala yang dialaminya. Salah satu faktor utama adalah dana dan anggotanya yang kurang memadai.
 Kalian nggak akan nyesel masuk kedalam ekstra ini. Ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan didalam ekstra ini. Diantaranya, kita dapat mengetahui bagaimana cara bercocok tanam yang benar sehingga dapat menghasilkan buah yang berkualitas tinggi. Tidak hanya itu saja setelah, hasil tanam kita peroleh kita dapat mengolahnya menjadi makanan yang tidak membosankan. Bahkan dapat menimbulkan minat dikalangan pelajar ataupun pengusaha untuk membuat dan memproduksinya. Salah satunya permen yang terbuat dari jahe, manisan, sirup yang terbuat dari daun serai. Dan masih banyak lagi kegiatan.
          Toga juga sudah menghasilkan beberapa prestasi yaitu sekolah Adiwiyata. Bayangkan jika toga tidak ada mungkin prestasi itu sulit untuk diraih, bisa saja kita meraihnya dengan kesadaran setiap individunya. Namun, toga juga mempunyai pengaruh besar. Toga mempunyai tanggung jawab terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.
          Jadi, kalian nggak akan menyesal mengikuti ekstra toga. Banyak manfaat yang dapat kalian petik. Dari betapa pentingnya menjaga lingkungan, belajar membuat usaha dengan memanfaatkan lingkungan, betapa pentingnya gotong royong dan kekeluargaan. Disetiap organisasi pasti memiliki kekeluargaan yang erat. Begitupun toga.
 Akan tetapi, manfaat yang paling utama dari adanya ekstra toga ini adalah kita dapat menhijaukan lingkungan kita kembali. Menjadi lingkungan yang sejuk, asri, dan tentunya nyaman. Sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi nyaman.
          Jadi,  kawan – kawan ayo ikut toga...
          Kalian gak akan menyesal deh...
          Dijamin seru dan memiliki banyak manfaat...
          Salam Toga...

Oleh  : Sema Karunia / X MIA 5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Pramuka Di Era Modern

FUNGSI, PERAN, DAN MENGIDENTIFIKASI PERAN KEPEMIMPINAN DARI BERBAGAI DIMENSI

REVIEW FILM “DANCING IN THE RAIN”